• Harga Tiket : Reguler 5.000 dan Terusan 10.000
  • Kontak : 0321-496227
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00
  • Alamat : Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kec. Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61474.


Hari libur sekolah seperti sekarang ini banyak tempat-tempat wisata yang menjadi ramai kunjungan..

itu karena banyak orang yang memanfaatkan momen berharga seperti ini untuk memiliki quality time bersama orang tersayang.

mungkin kamu adalah salah satunya…

memang, liburan adalah pilihan yang paling tepat karena selain meningkatkan quality time juga bisa melupakan sejenak rutinitas harian yang membosankan.

tetapi akan lebih baik bisa liburan sekalian belajar hal baru seperti di Bale Tani Jombang misalnya…

tempat wisata ini tidak hanya menyajikan tempat bersenang-senang tetapi juga sarana edukasi lho. selain itu, terdapat juga berbagai macam wahana yang sangat menarik.

apa sajakah itu?


Wisata Bale Tani Jombang

mungkin kamu sudah tahu bahwa jombang memang terkenal dengan sebutan kota santri..

tetapi, selain dengan julukanya yang terkenal terdapat juga destinasi wisata yang cukup populer dan salah satunya yang sedang kamu baca ini.

dengan mengusung tema wisata edukasi pertanian dan agrowisata tempat ini memang menyajikan berbagai edukasi teknik pertanian yang bisa kamu pelajari secara langsung.

Petunjuk Arah Bale Tani Jombang

teknik-teknik pertanian tersebut antara lain teknik holtikultural, teknik bertani di sawah dan bahkan edukasi berternak juga di ajarkan.

seperti cara budidaya ikan air tawar dan berbagi peternakan yang lainya.

untuk wisata agrowisata sendiri disini disediakan berbagai spot keren untuk berfoto yang nanti akan saya ulas secara lengkap berbagai spot tersebut.

tentu saja dengan konsep yang unik seperti ini tidak membutuhkan waktu lama supaya berhasil menarik perhatian wisatawan sekitar maupun luar daerah.

sebelum kita masuk ke inti utama perlu kamu ketahui nih kalau bale tani ini sebelum dijadikan sebagai tempat wisata sebenarnya dahulu adalah tempat penggilingan beras dan pelatihan pertanian biasa.

namun, karena semakin populer akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata pada tahun 2017 yang lalu.

untuk pelatihan pertanian dan peternakan sendiri sampai sekarang masih berjalan yang dihilangkan hanya tempat penggilingan beras saja.


Daftar Wahana yang Unik

sepertinya cuma disini kamu bisa menemukan tempat-tempat pemberian nama yang unik.

setiap tempat memiliki awalan Bale yang dalam bahasa Indonesia berarti Balai atau tempat berkumpul dan setiap bale yang ada disini mempunyai fungsi serta tujuanya masing-masing.

penasaran kan? silakan simak rangkumanya dibawah ini…

1. Bale Ageng

yang pertama adalah bale ageng, ageng sama saja dengan Agung yang berarti besar.

dari semua balai tempat ini adalah yang paling besar karena kalau ada sebuah acara pasti diadakan di bale ageng ini.

bale ini sendiri bentuknya adalah berupa pendopo yang terletak di bagian luar dan memiliki kapasitas sebanyak 100 orang.

disamping bale ini terdapat beberapa meja dan kursi dan dari tempat inilah pengunjung bisa bersantai sambil menikmati tempat wisata.

2. Bale Kempal

tempat unik kedua adalah bale kempal, jika kamu tidak tahu arti kempal itu sama saja dengan kumpul.

Bale Kempal Bale Tani Jombang

jadi maksud balai ini adalah sebagai tempat berkumpul, yang mana memang fungsinya digunakan sebagai tempat berkumpul ketika ada acara-acara seminar tentang pertanian dan peternakan.

jika bale ageng berada di bagian luar maka bale kempal letaknya berada di dalam ruangan dan memiliki kapasitas hanya 30 orang saja.

tempat ini juga disewakan dengan harga Rp 600.000/ 3 jam dan jika ada orang luar membutuhkan tempat berkumpul biasanya menyewa tempat ini.

jika kamu penasaran dengan bale ini bisa kamu cari karena letaknya berada di samping pintu masuk loket pembayaran tiket.

3. Bale Alit

yang ketiga adalah balai alit, alit sendiri memiliki arti kecil atau Balita.

Bale Alit Bale Tani Jombang

jadi maksudnya tempat ini memang dikhususkan sebagai tempat bermain untuk anak-anak walaupun kenyataanya banyak yang memanfaatkan tempat ini sebagai tempat berfoto.

bale alit sendiri memiliki bentuk yang unik karena ini adalah rumah pohon mini yang berdiri diatas 1 batang pohon buatan.

untuk naik ke bale alit ini disediakan pintu kecil setinggi pinggang orang dewasa yang berada di batang pohon bagian bawah.

pintunya sendiri cukup sempit bila dimasuki oleh orang dewasa jadi jika kamu ingin melalui pintu ini mesti jongkok.

selain itu antar rumah pohon juga disediakan jembatan penghubung supaya memudahkan kamu untuk berpindah tempat dari rumah pohon satu ke yang satunya.

4. Bale Bengo’

seperti namanya bengo’ atau bisa dibaca bengok yang berarti bengak-bengok yang dalam bahasa indonesia artinya mengeluarkan suara dengan keras.

tempat ini adalah tempat untuk berkaraoke yang dikhususkan untuk kamu yang ingin bernyanyi ria tanpa perlu malu apabila mengularkan suara yang keras serta fals.

lokasinya sendiri tepat disamping Bale alit jadi bale bengo’ sering digunakan oleh Ibu-ibu sebagai tempat bernyanyi sekaligus mengawasi anaknya ketika bermain di balai alit.

untuk bisa menggunakan bale bengo’ kamu diharuskan membayar biaya sewa sebesar Rp 10.000/ 5 buah lagu.

5. Bale Bengong

eits awas jangan sampai tertukar walaupun namanya hampir sama dengan nomor 4 tetapi balai bengong mempunyai fungsi yang jauh berbeda.

bengong sendiri memiliki arti melamun jadi memang tempat ini disediakan untuk kamu yang sedang ingin duduk santai sambil melamun.

apabila bale bengo’ adalah tempat yang berisik maka di bale bengong adalah tempat yang tenang dan sunyi. untuk mewujudkan konsep ini tempat ini ditempatkan jauh dari bale yang lain.

tempat ini sendiri berupa gazebo-gazebo yang berada di sekitar kolam ikan yang cukup besar. di kolam tersebut juga terdapat sebuah perahu kecil yang terombang ambing terbawa riak air.

tempat ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang mencari ketenangan dan melupakan sejenak hiruk pikuk perkotaan yang membuat pusing.

6. Bale Pijat

mungkin dari semua bale ini adalah favorit saya. sesuai namanya tempat ini disediakan sebagai tempat pijat refleksi pengunjung untuk melepaskan lelah.

Bale Pijat Bale Tani Jombang

tetapi, pijatnya tidak memakai tenanga manusia disini kamu diharuskan menyewa mesin pijat elektronik dan nanti akan ada pegawai yang membantu memijat kamu menggunakan alat tersebut.

7. Bale Sawah (Baru)

spot ini sendiri baru dibuka pada februari 2018 dan merupakan spot premium.

Bale Sawah Bale Tani Jombang

apa maksud premium?

jadi kamu diharuskan membayar tiket lagi sebesar 5.000/ orang selain tiket reguler jika ingin menikmati spot yang satu ini.

sesuai dengan namanya bale ini berupa gubuk-gubuk yang berada di sekitar hamparan tanaman padi yang hijau dan disediakan juga tempat-tempat khusus untuk berfoto.

selain itu, ditengah-tengah bale sawah juga terdapat sebuah kolam ikan yang cukup panjang namun kekuranganya tempat ini belum memiliki banyak pohon hijau untuk berteduh.

ada beberapa tanaman rambat yang nanti akan merambat di tiang disamping kolam tetapi sayangnya tanaman rambat tersebut belum bisa diharapkan untuk berteduh ketika hari panas terik.

8. Bale Kebun (Baru)

sesuai namanya bale kebon adalah tempat perkebunan buah-buahan dan dijadikan sebagai tempat outbond anak-anak.

Bale Kebun Bale Tani Jombang

untuk masuk ke Bale Kebun kamu diharuskan membayar biaya Rp 5.000/ orang dan lokasinya sendiri berada di bagian paling dalam dari Bale tani.

ketika kamu memasuki kawasan bale kebun suasananya sangat tenang dan seketika itu juga kamu akan disambut puluhan tanaman buah berjejer rapi di sepanjang jalan Paving.

sementara itu, dibagian dalam Bale Kebun terdapat berbagai permainan outbond yang terbuat dari kayu dan tali khusus anak-anak.

atau jika merasa sudah bosan di arena outbond bisa mencoba berwisata petik buah ditempat ini, kebanyakan buah disana adalah jambu air dan jambu biji.


Spot Foto Menarik

bagi kamu penggemar foto ditempat ini juga menyediakan berbagai spot menarik yang wajib kamu kunjungi.

selain spot-spot yang berada di wahana bale diatas masih ada beberapa spot yang sayang untuk dilewatkan. apa sajakah itu?

simak ulasanya dibawah ini..

1. Gazebo Bertuliskan Love

pernah lihat nggak gazebo yang memiliki desain unik seperti gambar dibawah?

Gazebo Bale Tani Jombang

spot yang satu ini saya rekomendasikan sebagai tempat pertama yang mesti kamu datangi ketika berlibur ke balai tani jombang.

sebuah gazebo yang berada di samping hamparan tanaman padi selain itu dihiasi juga dengan berbagai tanaman bunga disekilingnya, apalagi ditambah tulisan besar LOVE membuat gazebo ini terlihat romantis.

tempat ini sangat cocok sebagai tempat berfoto bersama pasangan tetapi jika berfoto sendirian pun masih bagus kok.

2. Kursi Ayunan

mungkin sebagian besar tempat berfoto ditempat ini yang berada di luar wahana memang ditujukan untuk foto pasangan.

Kursi Ayunan Bale Tani Jombang

setelah ada gazebo bertuliskan LOVE sekarang juga terdapat 2 pasang kursi ayunan berhiaskan LOVE juga diatasnya.

untuk menambah suasana romantis ditambah juga berbagai tanaman berwarna warni yang mengelilingi spot foto ini saya yakin akan membuat fotomu bersama pasangan bisa menjadi momen yang indah.

3. Gubuk Kecil

tempat spot foto ketiga yang cukup menarik adalah sebuah gubuk kecil.

Gubug Bale Tani Jombang

jangan salah sangka ini bukan gubuk kecil biasa karena tempatnya sudah di desain sedemikian rupa sehingga terlihat lebih unik.

ditambah juga sepeda ontel yang di cat berwarna kuning menambah keuinkan tempat ini.

4. Tembok 3D

spot ini juga sangat menarik guys bahkan saya sendiri sangat suka dengan spot yang satu ini.

Gambar 3D Bale Tani Jombang

kamu tahu gambar animasi 3D kan.. yup, bener banget sebuah gambar yang membuat seolah olah objek tersebut hiudp dan disini kamu bisa menemukan karya semaca itu.

ditembok ini kamu akan menemukan berbagai gambar animasi 3D yang sangat keren jadi tempat ini wajib kamu masukin list ketika mengunjungi bale tani yah.

5. Replika Bangunan Jepang dan Bunga Sakura

sepertinya tidak ada habisnya spot foto yang diberikan oleh tempat wisata ini.

Bunga Sakura Bale Tani Jombang

bagi kamu penggemar anime atau film jepang pasti tahu dengan sebuah bangunan berwarna merah atau bunga sakura kan?

yep bener banget, bangunan khas dari jepang ini bisa kamu temukan di bale tani dan kerenya lagi kamu bisa berfoto secara gratis lho.

6. Tanaman Rambat yang Membentuk Love

masih bertema love nih ada lho sebuah lorong yang terbuat dari besi yang membentuk tanda Love yang kemudian dibesi tersebut dihiasi tanamaan rambat dan bunga-bunga.

Tanaman Bale Tani Jombang

hasilnya tentu saja fantastik dan cocok banget buat dijadikan spot foto bersama teman ataupun pasangan.

7. Sepeda dengan Hiasan Cinta

spot foto yang saya rekomendasikan terakhir adalah sepeda berhiasan cinta. spot foto ini lokasinya berada di sebuah menara yang tidak terlalu tinggi.

Sepeda Bale Tani Jombang

dari semua spot foto diatas spot ini sudah ada lebih dulu dan kerap dijadikan icon dari bale tani jombang. maka tidak heran banyak orang rela antri untuk bisa berfoto di spot yang satu ini.

bagaimana sudah puas dengan berbagai wahana serta spot foto diatas?


Alamat dan Jalan Menuju Bale Tani Jombang

untuk alamat lokasi wisatanya sendiri berada di Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61474.

atau sebagai patokanya tidak jauh dari Pabrik Sepatu PT Venezia Footwear.

untuk rutenya jika kalian berasal dari Surabaya dan sekitarnya bisa menuju Sub Terminal Mojoagung dan jika sudah sampai terminal kalian belok ke arah kiri menuju Jalan Wonosalam.

ikuti saja jalan tersebut sampai kalian menemukan pertigaan Mojoduwur kemudian dipertigaan tersebut kamu belok kanan dan ikuti saja jalan tersebut.

kurang lebih 15 menit kamu akan menemukan pintu gerbang wisata bale tani.

jika sewaktu diperjalanan kamu ragu atau bingung dengan rutenya bisa dibantu dengan google maps dan ikuti petunjuk jalan yang disarankan.

sedangkan untuk akses jalanya sangat bersahabat karena selain sudah beraspal semua juga banyak petunjuk jalan yang menuntun kamu untuk menuju ke lokasi wisata.


Jam Buka dan Harga Tiket Bale Tani Jombang

selamat setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan akhirnya kamu sampai di lokasi wisata nih dan sekarang kamu diharuskan membayar biaya retribusi.

untuk tiketnya murah saja kok karena hanya dikenakan biaya Rp 5.000/ orang tetapi ini belum termasuk untuk menikmati berbagai wahana.

jika kamu masuk atau mencoba wahana yang ada didalam wisata akan ada biaya tambahan seperti…

  • paket farm tour Rp 15.000/ anak
  • paket ourbond Dewasa Rp 100.000/orang
  • paket outbond anak Rp 75.000/anak
  • karaoke Rp 10.000/ 5 lagu
  • masuk ke bale sawah Rp 5.000/orang
  • masuk ke bale kebun Rp 5.000/orang
  • sewa rumah gubuk Rp 50.000/ 2jam
  • dan lain-lain

Note : harga bisa berubah-ubah tergantung kebijakan management dan untuk informasi selengkapnya kamu bisa menghubungi pihak management di nomor 0321-496227.

sedangkan untuk jam operasional wisata ini mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

menurut saya wisata ini jam bukanya cukup singkat jika dibandingkan dengan wisata di jawa timur lain seperti flora wisata san terra dan pantai klayar pacitan.


Fasilitas-Fasilitas yang Tersedia

fasilitas kaitanya sangat penting dengan pengunjung jadi sudah sewajarnya kita sebagai pengunjung mendapatkan fasilitas yang memadai karena sudah membayar tiket.

selain itu, dengan fasilitas yang mendukung bisa membuat pengunjung lebih betah berlama-lama dilokasi wisata.

saat ini fasilitas wisata bale tani jombang menurut saya sudah cukup lengkap seperti..

  • Toilet Bersih
  • Kolam renang gratis untuk anak
  • area parkir luas
  • Musholla
  • Cafe
  • Kantin
  • Bioskop mini
  • Aula

Kesimpulan dan Saran

kesimpulan saya tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga terutama anak-anak atau pasangan.

selain itu bagi kamu yang mengejar foto instagrambale tempat juga sangat saya rekomendasikan. tetapi, ada beberapa saran dari saya jika kamu berencana untuk mengunjungi wisata ini.

  1. sebaiknya hindari berkunjung ketika weekend karena sangat full pengunjung
  2. sebaiknya membeli tiket terusan saja seharga Rp10.000/orang daripada tiket Reguler jika berencana masuk ke Bale sawah dan Bale Kebun karena akan lebih murah.
  3. jika berencana membawa serta anak-anak sebaiknya membawa payung karena dilokasi wisata sangat panas dan tempat berteduh berebut antar pengunjung.

oke, itulah sedikit informasi yang bisa saya berikan dan jika kamu pernah mengunjungi tempat ini silakan share pengalaman kamu di kolom komentar.

jika menurutmu artikel ini bermanfaat tolong share ya dengan klik tombol sosial media dibawah.

terima kasih dan happy holidays.

Write a Comment