Bukit Wono Sumilir : Wisata Baru Jogja yang Akan Membuatmu Kagum! [Lokasi | Tiket Masuk]

Bukit Wono sumilir mungkin terdengar asing di telinga sahabat traveler.

tetapi objek wisata yang baru 2 minggu dibuka ini sekarang tengah viral di Instagram lho, bahkan saking cepatnya viral tempat wisata ini dalam sehari mendapat kunjungan rata-rata hingga 700 pengunjung.

tentu bukan tanpa alasan, disini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang begitu memanjakan mata sebab dari awal hari kamu akan disambut dengan sunrise yang begitu menyegarkan.

kemudian menjelang petang akan terlihat sunset berwarna merah kelabu yang begitu indah sekaligus misterius dan pada malam harinya kamu bisa menatap gemerlap bintang yang berkerlap-kerlip.

Bukit Wono Sumilir

pasti sudah bisa terbayang kan gimana kerenya bukit wonosumilir ini?

tetapi tidak hanya itu saja pada artikel ini idnwisata juga akan membagikan informasi lain seperti alamat lokasi, harga tiket masuk dan spot foto yang wajib kamu masukan kedalam list.

jadi silakan pantengin artikel ini untuk beberapa menit kedepan.

Daya Tarik Bukit Wono Sumilir

destinasi ini sendiri masih terletak dalam kawasan Goa Pindul, goa pindul sendiri adalah salah satu objek wisata yang berada di Gunung Kidul yang jika kamu ingin menyusuri Goa harus menggunakan Ban pelampung diatas aliran sungai bawah tanah.

sebelum menjadi objek wisata seperti sekarang ini, dahulu tempat ini hanyalah bukit gersang dengan banyak bebatuan dan pepohonan milik Kementrian Kehutanan.

yang mana sering digunakan oleh warga sekitar sebagai tempat bercocok tanam seperti jagung, kacang dan berbagai tanaman palawija.

Bukit Wono Sumilir

sekarang tempat tersebut diubah menjadi salah satu tempat nongkrong di Jogja yang sangat instagenic oleh warga sekitar. awal mula bukit ini diubah menjadi seperti sekarang ini adalah berkat Hartoyo (54) beliau adalah yang pertama kali merintis bukit wono sumilir menjadi destinasi wisata baru.

seperti namanya kata “Wono” dalam bahasa jawa artinya “Hutan” dan sedangkan “Sumilir” bisa di artikan juga “Semilir Angin” jadi jika diartikan tempat ini adalah Hutan yang Bersemilir Angin.

karena ketika kamu pertama kali melangkahkan kaki ke bukit ini akan disambut dengan semilir angin perbukitan yang sangat sejuk kemudian jika kamu datang di pagi hari akan melihat pemandangan epic dari cakrawala yang begitu luas.

serta di kala mentari terbenam kamu bisa menikmati keindahan dari sunset dan gemerlap bintang yang mulai muncul menghiasi langit malam.

wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai untuk menghilangkan penat dari hiruk pikuk perkotaan dan waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah ketika pagi dan sore hari.

Harga Tiket Masuk

setelah kita melihat betapa eloknya pemandangan bukit wono sumilir pasti selanjutnya kita penasaran dengan harga tiket masuknya kan?

saat artikel ini ditulis ketika mengunjungi tempat ini kamu tidak akan dikenakan biaya tiket dan hanya dikenakan tarif parkir jika kamu membawa kendaraan.

untuk tarif parkirnya Rp 2.000/ motor dan Rp 5.000/mobil.

untuk informasi selengkapnya bisa hubungi pengelola di nomor +6281804326518

khusus untuk mobil kamu mesti parkir agak jauh dari wono sumilir karena lokasinya tidak bisa di jangkau menggunakan kendaraan roda empat di karenakan melalui jembatan gantung merah.

sedangkan untuk motor bisa melewati jembatan tetapi mesti hati-hati karena jalanya menanjak dan berupa bebatuan.

Bukit Wono Sumilir

dikarenakan tidak dikenakan biaya masuk kamu bisa berterima kasih dengan warga sekitar karena telah membangun tempat yang indah ini dengan cara membeli makanan ringan yang dijajakan warga setempat.

tersedia juga kopi, teh manis dan jajanan tradisional seperti mendoan dan lain sebagainya. untuk harganya kamu tidak usah khawatir karena sangat murah meriah tidak seperti berada di dalam tempat wisata lain.

Alamat dan Rute Jalan Menuju Lokasi

untuk alamatnya sendiri tepatnya berada di Bonjing, Gelaran I, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

jaraknya sendiri sekitar 40KM ke arah timur dari pusat kota jogja yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama 1 jam 15 menit.

untuk rutenya kamu bisa menggunakan layanan google maps dengan cara klik tombol dibawah yang nanti akan mengarahkan ke maps pada smartphone kamu.

yang menarik ketika kamu menuju kesini akses jalanya disisi jalanya nampak pemandangan yang begitu menyegarkan mata yaitu hamparan lahan persawahan yang begitu luas.

setelah itu kamu akan menyeberangi Sungai Oya dengan cara melalui jembatan gantung kemudian melewati jalanan berbatu yang menanjak yang memberikan tantangan tersendiri.

memang sangat melelahkan, tetapi ketika kamu sudah sampai dipuncak bukit wono sumilir maka rasa lelahmu akan terbayarkan dan sekarang kamu bisa bersantai dengan segelas kopi atau teh hangat sambil menikmati pemandangan.

Kegiatan Menarik di Bukit Wonosumilir

salah satu daya tarik dari bukit wono sumilir ini adalah dibangun juga berbagai spot foto yang menarik. tentu sebagai kaum milenial tentu tak lengkap rasanya jika tidak mengambil gambar di tempat seindah ini kan?

nah berikut ini adalah beberapa spot foto keren yang wajib kamu coba ketika datang ke destinasi ini.

1.Menikmati Pemandangan Lebih Luas Lagi dengan Cara Naik ke Gardu Pandang

Bukit Wono Sumilir

salah satu spot yang begitu instagenic adalah sebuah gardu pandang yang dibuat mirip menara ini. bahanya sendiri sangat alamai karena terbuat dari bambu yang dibuat sedemikian rupa sehingga mirip benteng.

spot ini adalah salah satu favorit pengunjung ketika ingin menambil foto di puncak bukit wonosumilir.

2. Menatap Pemandangan di Gardu Berbentuk LOVE

Bukit Wono Sumilir

nah spot ini juga menjadi salah satu primadona pengunjung ketika datang ke tempat ini.

disini lebih rekomended ketika berfoto bersama pasangan karena spotnya yang membentuk sebuah tanda LOVE yang dibuat dengan menggunakan rotan.

pada bagian belakang akan langsung nampak luasnya hamparan lahan perkebunan warga dan luasnya hamparan hijau yang begitu menyegarkan.

3. Bersantai Bersama Teman sambil Menikmati Kopi Panas

Bukit Wono Sumilir

kamu juga bisa bersantai sambil ngobrol ngalor ngidul bersama teman atau pasangan sambil menikmati segelas kopi panas ditambah sepiring mendoan.

yang menarik, disini disediakan spot untuk duduk yang sangat alami karena terbuat dari batu dan mejanya juga terbuat dari batu.

sedangkan untuk penutupnya hanya disediakan tiang penyangga dan atapnya yang terbuat dari jerami atau ilalang yang di anyam.

bagaimana tertarik untuk datang ke ke tempat wisata baru ini?

jika kamu sudah pernah datang kesini silakan tulis pengalaman kamu di kolom komentar dibawah ya, sampai jumpa dan happy traveling.

Leave a Reply