Pulau Salah Nama : Surganya Alam Bawah Laut Batubara, Yuk Intip!

Pulau Salah Nama mungkin belum terdengar familiar di telinga para traveller. tetapi, keindahan pemandangan bawah laut yang ditawarkan di pantai ini tidak bisa di anggap sebelah mata lho.

bagi para wisatawan sumatera utara pulau ini adalah salah satu tujuan wisata paling populer karena keindahanya seperti surga yang tersembunyi.

dengan air yang sangat jernih dan ikan-ikan kecil yang bisa terlihat jelas berlalu-lalang membuat siapa saja tidak bisa menahan diri untuk langsung berenang.

pulau salah nama

pada artikel kali ini idnwisata akan mengajak kamu untuk mengeksplorasi keindahan yang ada pada pulau salah nama beserta informasi lainya seperti lokasi, sejarah, dan biaya yang diperlukan untuk berwisata ke pulau ini.

jadi silakan baca artikel ini untuk beberapa menit kedepan.

Daya Tarik Pulau Salah Nama

di telinga para sahabat traveler mungkin bingung kenapa di namakan seperti itu kan?

ternyata, sejarah atau asal usul kenapa di namakan tersebut karena pada awalnya pulau tersebut mempunyai nama yang sama dengan organ intim perempuan.

sehingga jika ada orang yang bertanya kepada perempuan nama pulau tersebut mereka akan menjawab dengan “Pulau Salah Namo” atau dalam bahasa Indonesia artinya pulau salah nama yang akhirnya dikenal dengan nama demikian.

memang hal tersebut juga terdengar kurang etis karena menggunakan nama dari organ intim perempuan sebagai nama sebuah tempat wisata dan membuat siapapun akan malu jika menyebutkanya di depan publik.

pulau ini memiliki luas sekitar 3 Hektare dan merupakan salah satu pulau kecil yang berada di selat malaka yang secara administratif pulau ini masih masuk dalam wilayah kabupaten batubara, sumatera utara.

yang menarik di pulau tersebut kamu akan disuguhkan dengan pemandangan bebatuan berwarna merah yang mengelilingi hampir diseluruh pulau.

kemudian hamparan pasir putih yang terlihat kontras dengan bebatuan dan air laut menambah keunikan dari pulau ini.

pulau salah namo

tidak hanya itu saja kamu juga tidak perlu berpanas-panasan ketika di pantai ini karena banyak pepohonan rindang yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh dari teriknya sinar matahari.

untuk lautnya sendiri kamu akan dibuat terkagum-kagum karena dengan air yang nampak biru jernih kamu bisa melihat terumbu karang yang nampak jelas dan banyak sekali ikan-ikan kecil yang berlalu-lalang.

Letak dan Cara Menuju Ke Lokasi

secara administratif pulau ini tepatnya terletak di Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

untuk menuju ke pulau ini kamu harus melalui pelabuhan tanjung tiram kemudian melakukan perjalanan menggunakan kapal selama 1,5 Jam.

jika kamu ingin menuju ke pulau ini tentunya yang utama harus ke pelabuhan tanjung tiram dulu dan jarak pelabuhan ini dengan kota medan kurang lebih 140KM yang jika ditempuh menggunakan jalan tol memakan waktu selama 3 jam.

sedangkan jika tanpa melalui jalan tol bisa menghabiskan waktu selama 5 jam perjalanan.

untuk rutenya kamu bisa menggunakan google maps dibawah ini yang nanti akan mengarahkan kamu ke pelabuhan tanjung tiram.

setelah berada di pelabuhan kamu bisa melanjutkan dengan menggunakan kapal yang tersedia.

Berapa Biaya Ke Pulau Salah Nama?

sebenarnya biaya untuk berlibur itu relatif dan tidak sama tergantung dari jarak kamu dengan tempat wisata tersebut dan transportrasi yang digunakan.

tetapi dibawah ini saya kasih gambaran jika kamu berasal dari medan dan menggunakan angkutan umum.

pulau salah nama

bagi kamu yang berasal dari medan dan jika ingin menuju ke pulau ini bisa menggunakan bus yang memakan waktu selama 5 jam perjalanan dengan biaya kurang lebih 50 ribu.

kemudian sesampainya di tanjung tiram kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal dengan sistem antar – jemput, biayanya sendiri kurang lebih Rp. 1.200.000 – Rp 2.000.000 khusus rombongan hingga 40 orang.

tetapi kamu juga bisa memilih biaya perorangan kurang lebih Rp 50.000 – Rp 100.000. namun, kekuranganya kamu harus rela menunggu sampai kapal memiliki kuota cukup baru berangkat dan jika kurang orang kamu akan di operkan ke kapal lain.

sesampainya tiba di pulau salah nama kamu diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000/ orang.

karena perjalanan ini memakan waktu yang lama tentunya ketika sampai di pulau salah nama kamu diharuskan menginap. tetapi tenang saja karena di pulau sudah tersedia Guest house dan Homestay dengan harga bervariasi.

untuk harga termurahnya sendiri kurang lebih Rp 300.000/malam.

jadi bisa kita simpulkan minimal kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 700.000/orang jika ingin berwisata ke pulau ini.

dan biaya tersebut belum termasuk biaya sewa wahana seperti snorkeling dan lain sebagainya.

Kegiatan Menarik yang Bisa Kamu Lakukan

nah, mungkin kamu pensaran dengan apa yang bisa kamu lakukan ketika berada di pulau tersebut kan?

untuk itu idnwisata sudah merangkum beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu laukan di pulau tersebut, apa sajakah itu?

simak ulasanya dibawah ini.

1.Mengunjungi Goa Kecil di Tepi Pantai

pulau salah nama

ternyata pulau ini juga mempunyai sebuah goa lho. walaupun goanya tidak seberapa besar tetapi ini adalah salah satu spot populer di destinasi ini.

goanya sendiri terletak di pinggir pantai dan dipenuhi dengan bebatuan stalagtit dan stalagmit yang tidak beraturan dan uniknya goa ini tidak menjorok kedalam seperti goa pada umumnya melainkan menjorok keatas dengan ketinggian kurang lebih 6 meter.

2. Menikmati Panorama Pantai di Menara Komunikasi

menara komunikasi pulau salah nama

setelah puas menikmati pemandangan goa, kamu bisa menuju spot selanjutnya yaitu menara komunikasi.

untuk naik ke menara ini tersedia jalan setapak kemudian terhubung dengan tangga yang menuju ke bukit. tetapi kamu mesti berhati-hati juga ya.

memang cukup melelahkan tetapi sesampainya di puncak menara kamu akan dibuat terkagum-kagum dengan pemandangan yang ditawarkan.

disini kamu bisa melihat seluruh pulau dengan sangat jelas dan juga nampak pulau-pulau kecil yang mengelilinginya di sekitarnya. bahkan, akan nampak juga pulau pandang dari kejauhan.

3. Menikmati Sunset dengan Duduk di Bebatuan

sunset di pulau salah nama

di seluruh pesisir pantai pulau ini terdapat susunan bebatuan berwarna merah yang sangat kontras dengan warna pasir putih dan birunya air laut.

biasanya banyak pengunjung yang memanfaatkan bebatuan ini sambil bermain air dan menikmati waktu sunset yang begitu indah.

bagi kamu yang gemar berfoto bisa mengabadikan moment yang indah ini di list instagram pribadi milikmu tuh.

4. Melihat Lucunya Ikan-Ikan Kecil dengan Snorkeling

pulau salah namo

dengan air biru yang begitu jernih akan nampak jelas ikan berlalu-lalang yang terlihat sangat lucu. tentunya kamu juga bisa berenang atau snorkeling supaya lebih bisa menikmati keindahan pantai di pulau ini.

selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir dengan ombak di pantai ini karena ombaknya relatif kecil dan tidak ganas jadi sangat cocok untuk berenang.

memang dengan berbagai keindahan dan pembangunan yang serius di lakukan pada pulau salah nama ini menjadikan destinasi ini adalah salah satu icon wisata populer di batubara.

jika kamu pernah datang ke pulau ini silakan tulis pengalaman kamu dikolom komentar ya.

Leave a Reply