Wisata Pariangan HSS – Review Harga Tiket Masuk & Lokasi Lengkap

Objek Wisata Pariangan yang berada di Hulu Sungai Selatan atau HSS kali ini berhasil menghebohkan warganet.

bagaimana tidak, disini kamu bisa menikmati aliran sungai Pariangan yang begitu jernih sambil ditemani dengan segelas teh hangat dan beberapa menut lezat pasti menjadi aktivitas yang tidak akan terlupakan.

tidak hanya itu saja, suasananya yang masih asri dengan banyak rimbunan pepohonan di sekitar sungai kemudian dipadu dengan beberapa spot foto instagramable pasti membuat siapa saja akan tertarik untuk mengunjunginya.

Wisata Pariangan Kandangan

foto by instagram.com/rea_khico

kali ini idnwisata ingin mengajak kamu untuk mengintip seperti apa keseruan ketika berada di objek wisata pariangan kandangan ini dan tidak ketinggalan juga informasi lain seperti harga tiket masuk dan alamat lengkapnya.

tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin liburan tipis-tipis tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar bersama teman atau pasangan. pasti kamu pensaran kan?

Daya Tarik Wisata Pariangan Kandangan

sebenarnya, dahulu sungai di pariangan tersebut memang sudah sering dikunjungi oleh warga sekitar untuk sekedar liburan atau mandi. namun, pada saat itu belum dikelola menjadi objek wisata seperti sekarang ini.

setelah dikelola oleh warga Dusun tersebut menjadi objek wisata dan mulai dibuka untuk umum pada September 2020 lalu akhirnya sekarang mendapat kunjungan labih ramai dari biasanya. bahkan apabila akhir pekan tiba seluruh area tersebut di padati oleh wisatawan.

semua itu berkat informasi yang tersebar cepat lewat sosial media dan tentu saja karena tempat tersebut memiliki daya tariknya tersendiri.

nah, berikut beberapa daya tarik yang dimiliki wisata pariangan hulu sungai selatan.

1. Tempatnya yang Asri

salah satu daya tarik utama adalah tempat ini memiliki suasana yang asri karena pada dasarnya mengambil tempat dari aliran sungai Amandit yang terkenal jernih. sungainya sendiri sangat dangkal dan hanya setinggi lutut orang dewasa dan terdapat banyak batu kecil di dasarnya.

kemudian yang tak kalah menarik di sepanjang sungai terdapat rimbunan pohon besar yang nampak hijau dan menyegarkan ketika di lihat.

2. Spotnya yang Unik

apa yang kamu rasakan jika bisa memakan menu hidangan ditengah aliran sungai?

nah, hampir setiap orang ketika pertama kali melihat pemandangan dan suasana ditempat tersebut langsung dibuat terpana dengan spotnya yaitu sebuah meja dan kursi yang berbaris rapi di tengah aliran sungai.

biasanya meja dan kursi tersebut kerap digunakan pengunjung ketika menyantap makanan atau ingin bersantai sambil menikmati aliran sungai dan pemandangan, apalagi beberapa spot di tempat ini sangat fotogenic dan sangat cocok untuk menghiasi list insta story milikmu.

3. Harganya Murah Meriah

liburan itu tidak harus mahal yang penting itu berkesan.

nah, kata diatas sepertinya cukup menggambarkan kondisi di tempat ini, dari harga tiket masuk sampai makanan dan minuman yang ditawarkan cukup ramah dikantong, sangat sesuai untuk kamu yang punya budget mepet dan ingin liburan tipis-tipis.

Suasana Wisata Pariangan HSS

ketika pertama kali kamu menginjakan kaki di tempat ini akan disambut dengan suasana hijau disekelilingnya yang mana terdapat banyak perbukitan yang terlihat cukup jauh, kemudian terdengar juga suara gemericik aliran sungai Amandit yang begitu jernih.

Wisata Pariangan

foto by instagram.com/heldasari19

setelah kamu membayar harga tiket masuk yang ditentukan pengelola, kali ini kamu sudah bebas mengeksplorasi setiap sudut area di tempat tersebut.

ketika melihat ke tengah sungai kamu akan dibuat terpana dengan puluhan tempat duduk yang terbuat dari kayu berjejer ditengah sungai. keberadaan spot tersebut sangat unik apalagi ditambah dengan payung warna-warni sebagai atapnya menjadikanya nampak instagramable.

berbagai kegiatan bisa kamu lakukan ketika berada di tempat ini seperti bermain air, duduk santai di tengah sungai sambil menikmati pemandangan yang asri, menyusuri aliran sungai dengan naik rakit atau mengabadikan momen dengan berfoto dibeberapa spot.

supaya lebih menikmati aliran sungai Amandit pihak pengelola juga menyewakan berbagai wahana seperti pelampung, lanting paring, dan tempat duduk.

dengan perpaduan alam dan berbagai spot menarik mungkin itulah alasan menjadikan tempat ini hits dan cepat viral di media sosial.

tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan di akhir pekan nanti bersama teman, pasangan atau keluarga dengan harga murah meriah.

Harga Tiket Masuk dan Wahana

seperti tempat wisata pada umumnya, objek wisata pariangan juga mengenakan biaya retribusi jika kamu ingin bisa menikmati semua spot dan daya tarik didalamnya.

Wisata Pariangan

foto by instagram.com/nietaararen

tetapi, tidak seperti tempat lainya yang menghitung biaya masuknya perorang. di tempat ini dihitung perkendaraan (mobil/motor) yang kamu bawa.

jadi untuk biaya masuknya adalah.

  • Rp 20.000/Mobil
  • Rp 10.000/Motor

karena menghitungnya berdasarkan kendaraan, saran saya untuk lebih hemat biaya kamu bisa datang berboncengan atau penuhi semua tempat duduk di mobil.

sedangkan jika kamu ingin mencoba berbagai wahana didalam, nanti akan dikenakan biaya tambahan lagi yaitu sebagai berikut.

  • Sewa Tempat Duduk di Tengah Sungai Rp 20.000
  • Sewa Pelampung Rp 20.000
  • Naik Rakit Bambu Rp 5.000/orang

selain itu jika kamu lapar dan haus ketika didalam tempat wisata, tidak perlu khawatir karena tersedia warung yang menyediakan berbagai makanan seperti kopi, minuman dingin, Mie Instan, sampai Pentol daging.

jadi kamu sudah ada gambaran kan berapa kira-kira biaya yang mesti kamu keluarkan ketika berencana berkunjung ke tempat ini?

Alamat dan Rute

untuk alamatnya wisata pariangan ini berlokasi di Dusun Pariangan, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

sementara itu jarak dari pusat kota Hulu Sungai Selatan sendiri kurang leih 30km yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama 45 menit.

Wisata Pariangan HSS

sebagai patokan tempat ini juga dekat dengan wisata lain yang sudah lebih dulu terkenal yaitu Wisata Bukit Palawan dan jika kamu ingin berkunjung ke tempat ini namun bingung dengan rutenya bisa menggunakan google maps dibawah ini.

ketika berkunjung jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jam operasional dari tempat ini ya, untungnya tempat ini dibuka setiap hari dari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

sayangnya jika kamu ingin mencari info terbaru atau melakukan reservasi, tim kami tidak bisa menemukan nomor telepon atau akun media sosial yang bisa dihubungi.

itulah beberapa info mengenai objek wisata pariangan kandangan dan jika kamu pernah ke tempat ini silakan share pengalaman kamu di kolom komentar untuk membantu calon pengunjung yang lain.

Leave a Reply

error: Content is protected !!